Membuat video untuk mengabadikan suatu kejadian dapat dibuat dengan mudah asal kita mempunyai video kamera atau camcorder. Ada berbagai jenis video kamera yang dapat kita pilih, tentu dalam memilihnya  perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan budget juga.

Untuk memperoleh hasil rekaman video  kamera  yang bagus  ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu :

Video kamera jangan sampai goyang

Saat melakukan perekaman, usahakan video kamera Anda tidak goyang, karena goyangan video kamera akan menyebabkan hasil rekaman menjadi blur atau kurang jelas dan tampak butiran kasar. Untuk mengatasinya bisa dengan menggunakan tripod, tetapi  adakalanya untuk merekam adegan tertentu, Anda tidak bisa menggunakan tripod selamanya. Agar tidak goyang pada saat merekam tanpa tripod, maka hal yang harus Anda diperhatikan adalah  :

  • Kaki berdiri dengan kokoh dengan sebelah kaki berada sedikit lebih ke depan dari yang satunya.
  • Memegang video kamera dengan dua tangan meskipun video kamera anda berukuran kecil. gunakan satu tangan untuk mengatur tombol zoom dan tombol rekam dan gunakan tangan lainnya untuk memegang video kamera dengan kokoh.
memegang video kamera

Memegang video kamera

  • Untuk merekam obyek pada posisi rendah, Anda dapat berlutut dengan posisi satu lutut di lantai dan lutut yang lainnya menahan tangan yang sedang memegang video kamera. Jika obyek yang direkam sangat rendah maka anda dapat merekamnya dengan posisi tiarap dengan video kamera dipegang oleh dua tangan.
menggunakan video kamera dengan posisi tiarap

Menggunakan video kamera dengan posisi tiarap

  • Tidak menggunakan lensa zoom 20x, karena akan meningkatkan efek guncangan dari video kamera, jika obyek yang direkam bisa didekati maka dekatilah obyek yang direkam terebut.
  • Untuk merekam obyek yang bergerak di luar ruangan, Anda jangan mengikutinya dengan berjalan kaki, akan lebih baik hasilnya jika direkam dari atas mobil yang berjalan disesuaikan dengan kecepatan obyek yang bergerak tersebut.
menggunakan video kamera dari mobil

Menggunakan video kamera dari  dalam mobil

  • Jika video kamera Anda dilengkapi dengan fitur steady shoot atau image stabilizer akan sangat membantu untuk mengurangi akibat dari guncangan video kamera.

Pencahayaan yang tepat

Pencahayaan merupakan aspek penting yang perlu diperhatikan pada saat merekam dengan video kamera, tingkat pencahayaan harus pas, tidak boleh terlalu terang atau over-exposed sehingga obyek terlihat putih dan sangat terang.

Over-exposed biasanya terjadi pada saat merekam disiang hari di bawah sinar matahari yang sangat terang. Saat Anda merekam di luar ruangan sebaiknya posisi Anda membelakangi cahaya matahari.

pencahayaan dalam membuat video

Pencahayaan dalam membuat video

Sebaliknya jika pencahayaan kurang maka akan terjadi under-exposed sehingga obyek yang direkam terlihat gelap. Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan lampu kamera dan lampu tambahan, juga cek nilai aperture dan histogram untuk mengetahui apakah cahaya yang masuk sudah pas atau belum.

Zooming yang tepat

Fasilitas zooming biasanya digunakan jika obyek yang direkam cukup jauh dari video kamera-nya. Untuk melakukan zooming ini harus menggunakan lensa yang tepat. Pada saat melakukan zooming Anda harus memperhatikan focus dari gambar yang direkam dengan video kamera Anda.

zooming dalam membuat video

Zooming dalam membuat video

Area pengambilan gambar yang sesuai

Sebelum melakukan perekaman dengan video kamera, Anda harus memperhatikan komposisi antar objek yang direkam sehingga berada dalam suatu frame yang baik. Jangan sampai  point of interest dari obyek utama terganggu oleh obyek-obyek lain yang ada dilokasi pada saat Anda melakukan perekaman gambar.  Background dari obyek yang direkam harus tepat, jangan sampai malah mengaburkan obyek utama yang sedang Anda rekam.

area of interest dalam membuat video

Menentukan area of interest dalam membuat video

 

Penggunaan efek khusus yang tepat

Setiap  video kamera biasanya sudah dilengkapi dengan effect video built-in, sebelum menggunakan efek tersebut  Anda harus mempertimbangkan apakah video tersebut akan diedit kembali  nantinya, jika akan diedit kembali maka kemungkinan penggunaan efek tersebut akan lebih baik dilakukan pada saat melakukan pengeditan dengan program video editing.  Jika Anda menggunakan efek khusus pada saat perekaman, maka akan sulit untuk menormalkan kembali saat Anda mengedit video tersebut.

penggunaan efek dalam video kamera

Penggunaan efek dengan video kamera

Suara

Video yang baik selain harus memiliki gambar yang baik juga harus memiliki suara yang baik dan pas. Jika proses pengambilan suara dilakukan bersamaan dengan proses perekaman dengan video kamera, harus meminimalisir suara yang dapat mengganggu seperti lingkungan yang bising, suara angin dan terkadang bunyi  nafas dari kameraman.

Agar suara yang dihasilkan sesuai dengan yang direncanakan,maka dapat dilakukan beberapa hal :

  • Mengaktifkan fitur Wind Cut serta  menggunakan mikropon yang dilengkapi dengan filter wind muffer untuk mengurangi suara angin.
  • Untuk memperjelas suara dari obyek yang direkam bisa menggunakan fitur Zoom Mic pada video kamera Anda.
  • Menambahkan soundtract (suara latar) pada saat melakukan pengeditan sehingga suara yang tidak diharapkan (noise) bisa dinetralisis.
pengaturan suara dalam video kamera

Pengaturan suara dalam video kamera