Pembuatan video profesional  perlu direncanakan  dengan cermat agar dapat menghasilkan video yang baik sesuai dengan harapan, selesai secara tepat waktu dengan biaya yang efisien.

Secara umum ada empat tahap yang perlu dilakukan dalam membuat video profesional , yaitu :

  • Perencanaan praproduksi
  • Perisapan dan pelatihan
  • Produksi, dan
  • Pasca produksi
tahapan dalam membuat video profesional

Tahapan dalam membuat video profesioanl

Perencanaan Praproduksi dalam membuat video professional

Ide atau gagasan mengenai perlunya membuat video tertentu, merupakan tahap awal praproduksi pembuatan video profesional.

Gagasan tersebut kemudian ditindaklanjuti dengan berbagai kegiatan yang diperlukan untuk memperjelas ide menjadi suatu konsep video yang matang, antara lain  dengan mengumpulkan berbagai data dan informasi yang diperlukan untuk mengembangkan gagasan tersebut.

Setelah memiliki gagasan yang matang mengenai  video yang akan dibuat, selanjutnya  perlu  disusun naskah yang biasanya disusun oleh penulis yang telah terbiasa dalam menulis naskah, sebelum dilakukan pemulisan naskah biasanya telah  ditentukan format video yang akan dibuat.

Jika video yang akan dibuat cukup besar dan dalam pembuatannya memerlukan waktu yang cukup lama, maka Anda perlu menyusun organisasi untuk pelaksanaan proyek pembuatan video tersebut, organisasi proyek pembuatan video  tersebut biasanya terdiri dari :

Produser

Produser  dalam pembuatan video professional merupakan orang yang bertanggung jawab terhadap perencanaan dan pengendalian suatu program pembuatan video (film). Produsen biasanya orang yang memiliki gagasan awal dalam pembuatan video atau bisa juga orang lain yang ditunjuk oleh pemilik  gagasan tersebut.

Pengarah Acara

Fungsi pengarah acara adalah menginterpretasikan naskah ke dalam bentuk sebuah video. Untuk melaksanakan hal tersebut seorang pengarah acara harus membuat rencana produksi yang cukup detail dengan memperhatikan aspek estetika dan teknik produksi. Pengarah acara juga berfungsi sebagai pemimpin bagi seluruh kerabat kerja. Untuk mengembangkan video profesional yang tidak begitu besar biasanya fungsi pengarah acara ini dirangkap oleh produser.

Pemimpin Pelaksana

Pemimpin pelaksana berfungsi sebagai wakil pengarah acara dalam studio, dan bertindak sebagai  penghubung dalam menyampaikan pesan-pesan dari pengarah acara kepada kerabat kerja.  Pemimpin pelaksana  bertanggung jawab atas kelancaran berjalannya suatu acara dalam pembuatan video.

 

Persiapan dan Pelatihan dalam membuat video profesional

Persiapan yang dilakukan meliputi persiapan teknis, antara lain :

  • Persiapan studio dan peralatannya seperti alat control, video recorder, setting pencahayaan dan tata suara.
  • Jika produksi yang dilakukan di luar studio, mungkin perlu dipersiapkan OB Van (Outside Broadcasting Van) atau mungkin hanya cukup video recorder jinjing saja. Selain video recorder tentunya perlu dipersiapkan juga peralatan untuk membantu pencahayaan seperti reflector, microphone dan peralatan dekorasi (jika diperlukan).

 

Outside Broadcasting Van

Outside Broadcasting Van

 

Agar proses produksi pembatan video berjalan lancar, maka sebelum tahapan produksi pembuatan video dilaksanakan,  setiap personil yang akan terlibat dalam proses produksi mulai dari artis maupun kerabat kerja (seperti switcher, penata lampu, penata suara, floor director, dll) harus mendapatkan pelatihan dan penjelasan yang memadai.

Briefing dan Pelatihan

Briefing dan Pelatihan

Tahap Produksi

Proses produksi dalam pembuatan video merupakan  proses transformasi dari bentuk naskah menjadi bentuk audio visual dengan format yang  sesuai. Proses produksi ini bisa dilaksanakan di dalam maupun diluar studio. Jika pada tahap sebelumnya Anda telah melaksankan proses persiapan dan pelatihan dengan baik maka  proses produksinya diharapkan akan berjalan dengan baik dan lancar serta tidak banyak hambatan.

Proses Produksi

Proses Produksi

 

Pasca  Produksi

Tahapan ini boleh dkatakan tahapan akhir atau finalisasi dari proses pembuatan video. Kegiatan yang dilakukan dalam tahap ini meliputi :

  • Penyuntingan gambar
  • Penyuntingan suara
  • Penambahan grafis, bisa berupa foto atau gambar maupun teks
  • Pengisian narasi
  • Pengisian musik latar.
Editing dalam pembuatan video

Editing dalam pembuatan video

 

Jika semua proses di atas telah selesai dilaksanakan, video yang telah jadi bisa diserahkan ke pemesan (jika video tersebut dibuat berdasarkan pesanan) atau dipublikasikan, misalnya melalui youtube.

Selamat berkreasi ….