CamStudio merupakan aplikasi open source  yang dapat digunakan untuk merekam suara dan aktivitas pada  layar komputer. CamStudio merupakan salah satu aplikasi yang dapat digunakan antara lain untuk  membuat :

  • Demo video tutorial untuk berbagai program aplikasi
  • Membuat video tutorial untuk bahan pelajaran sekolah maupun bahan kuliah
  • Membuat video  support atau  penjelasan teknis mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan penggunaan produk / jasa yang Anda
  • Membuat video penjualan untuk produk yang Anda jual
  • Untuk mrekam trik dan teknik yang Anda temukan untuk menjalankan suatu program aplikasi tertentu baik untuk kepentingan pribadi agar tidak lupa maupun untuk di share bagi  orang lain  yang membutuhkannya.

Cara menggunakannya mudah, tinggal pilih aplikasi CamStudio dari  menu star windows, maka akan muncul “Menu Bar” seperti pada gambar berikut :

menu bar pada aplikasi camstudio

Menu Bar Pada Aplikasi CamStudio

 

Seperti Anda lihat pada gambar di atas.  Elemen dari “Menu Bar”  tersebut  meliputi

Menu [File]

Menu file gunanya untuk melakukan proses perekaman, penghentian proses perekaman sementara (pause), penghentian (Stop)  proses perekaman, dan untuk ke luar dari program Camtasia,

Oleh karena itu,  jika  Menu [File]  tersebut kita klik, maka akan muncul pull down menu yang berisi  Sub Menu :

·  [Record]

Jika sub menu menu ini di klik maka proses perekaman akan dimulai. Untuk menjalankan fungsi record dapat juga dilakukan deng meng klik  gambar bulat berwarna merah yang berada di bawah Menu Bar.

·  [Pause]

Fungsi submenu [Pause] adalah  untuk menghentikan proses perekaman secara  sementara. Untuk menjalankan fungsi [Pause] ini bisa dilakukan dengan menekan tombol lambang [Pause] yang berada di sebelah kanan tombol [Record]. Jika Anda akan melanjutkan lagi proses perekaman, maka  tinggal tekan lagi tombol “Record” yang berbentuk bulatan kecil berwarna merah.

·  [Stop]

Fungsinya untuk mengakhiri proses perekaman. Jika setelah melakukan proses perekaman kemudian Anda mengklik menu [Stop], maka  anda akan dibawa ke form penyimpanan file. Maka ketikan nama file sesuai dengan keinginan Anda kemudian tekan tombol  [Save]. File hasil rekaman tersebut akan disimpan pada folder komputer yang dapat Anda tentukan melalui cascading atau sub menu lanjutan dari menu  [Option]. File yang dihasilkan bisa  berupa  file AVI, SWF atau MP4 . untuk mengatur  jenis file yang akan dihasilkan dapat dilakuakn dengan mengklik tanda roda gigi yang berwarna orange yang terletak di bawah menu bar seperti terlihat pada gambar berikut.

 

memilih jenis file pada camstudio

Memilih jenis file pada CamStudio

·   [Exit]

Klik [Exit] jika  akan ke luar dari Aplikasi CamStudio.


Gambar pull down  menu  [File]   dapat Anda lihat pada gambar berikut :

 

pull down menu file pada camstudio

Pull down menu File pada CamStudio

Menu [Region]

fungsinya untuk menentukan area yang akan direkam, apakah akan direkam seluruh screen (full screen) atau hanya screen tertentu saja atau hanya daerah tertentu pada screen (layar komputer) atau disebut   [Fixed Region] .

 

pull down menu region pada camstudio

Pull Down Menu Region pada Camstudio

Jika kita memilih  [Fixed Region], maka  akan muncul menu lanjutan (cascading menu) yang berupa form untuk mengisi batas wilayah (region) dari layar komputer yang ingin Anda rekam,  Contoh batas region yang akan direkam pada gambar di bawah memiliki arti :  daerah perekaman adalah  100 fixel dari kiri dengan lebar 320 fixel (horizontal) dan 100 fixel dari atas  dengan tinggi  240 fixel (vertical).

menu cascading fixed region pada camstudio

Menu Cascading Fixed Region pada Camstudio

Menu [Option]

Antara lain terdiri dari Sub Menu :

pull down menu option pada camstudio

Pull down menu Option pada Camstudio

 

  • [Video Options] berfungsi untuk mengatur kualitas video, antara lain dengan mengatur jumlah frame per detik, maksimum frame rate,  dan lain-lain. Kualitas video yang kita setting akan mempengaruhi  besarnya file yang dihasilkan.
  • [Cursor Options] untuk mengatur tampilan kursor, termasuk apakah akan di hide (disembunyikan) atau ditampilkan. Jika kursor ditampilkan maka akan ada beberapa pilihan bentuk, warna  maupun besarnya kursor yang akan ditampilkan.
  • Audio Options terdiri dari  cascading  menu [Audio options for speaker], [Audio options for microphone] dan [sinkronisasi   Audio dan Video] .Pada pilihan  [Audio options for speaker] ada menu cascading  [Audio capture device]  untuk memilih alat perekam suara yang akan digunakan, apakah akan menggunakan peralatan yang sudah ada (default device) atau menggunakan microfon khusus;  pilihan format perekaman suara (frekwensi yang akan digunakan, mono/stereo, 16 bit atau 8 bit); format kompresi file; dan metoda perekaman.
  • [Program Options] berisi pilihan-pilihan pengaturan program seperti minimize program saat dilakukan perekaman (biar tidak  ikut terekam), pengaturan keyboard short cut, pengaturan folder penyimpanan file video yang dihasilkan, dsb.

 

Menu [Tools]

Terdiri dari sub menu untuk membuat Screen Annotations ( keterangan  / catatan pada layar) Video Annotations ( keterangan  / catatan pada video) , Movie Player  untuk menjalankan hasil rekaman,  dan fasilitas untuk melakukan konversi file dari bentuk AVI ke bentuk Flash. Terdapat beberapa bentuk screen annotation yang dapat dipilih pada aplikasi Camstudio, seperti terlihat pada gambar berikut.

screen annotation pada camstudio

Screen annotation pada Camstudio

 

video annotation pada camstudio

video annotation pada Camstudio

 

[Menu Effect]

Terdiri dari : fungsi untuk mengatur  format catatan waktu, fungsi penghitung waktu,  Caption (keterangan gambar/video) dan watermark pada video.

Tampilan Menu Effect dapat dilihat pada gambar berikut :

 

menu effects pada camstudio

Menu effects pada Camstudio

 

pengaturan effects pada camstudio

Pengaturan effects pada Camstudio

 

[Menu View]

Untuk memilih tampilan dari Aplikasi CamStudio, terdiri dari pilihan  Normal View , Compact View dan Button View.

 

[Menu Help]

Untuk memperoleh penjelasan seputar penggunaan Aplikasi CamStudio, terdiri dari Sub Menu  CamStudio Home Page dan CamStudio FAQ

 

Langkah dalam Membuat Video Tutorial dengan CamStudio

Langkah-langkah untuk membuat video tutorial dengan menggunakan Aplikasi CampStudio sangatlah mudah, ikuti langkah-langkah  sebagai berikut :

  • Tentukan dan siapkan bahan yang akan dijadikan video tutorial.
  • Buat naskah-nya.
  • Aktifkan progam Aplikasi CamStudio pada computer Anda sampai muncul tampilan seperti pada gambar berikut :
tampilan aplikasi camstudio

Tampilan aplikasi Camstudio

  • Tentukan area perekaman pada layar computer Anda, apakah akan merekam seluruh layar (full screen) atau hanya pada area tertentu (fixed region) dengan cara meng-klik Menu Bar [Region].
  • Dari Menu Bar Option tentukan keyboard shortcut, misalnya untuk :
    • Record/Pause key, gunakan tombol SHIFT dan F8
    • Stop Key, gunakan tombol SHIFT dan F9
    • Cancel Recording Key, gunakan tombol SHIFT dan F10
  • Dari Menu Bar Option pilih Program Options kemudian Anda pilih Minimize program on start recording (agar pada saat perekaman berlangsung gambar CamStudio tidak ikut terekam, untuk melakukan tindakan selanjutnya, gunakan keyboard shortcut yang telah ditentukan sebelumnya, misalnya tekan tombol SHIFT dan F9 untuk menghentikan proses perekaman).
  • Untuk memulai perekaman klik Menu Bar File kemudian  klik Record atau langsung klik tombol bulat yang berwarna merah. Selanjutnya proses perekaman dimulai. Lakukan action yang akan direkam pada layar computer Anda disertai narasi atau penjelasan sesuai dengan naskah yang telah dibuat sebelumnya).
  • Jika proses perekaman telah selesai tekan tombol SHIFT dan F9  sesuai dengan setting  tombol shortcut yang telah dilakukan sebelumnya, kemudian simpan file pada folder yang diinginkan, jangan lupa filenya diberi nama.

Selamat mencoba …